Kemudahan Pengajuan Kredit Usaha di Bank Mandiri Mamuju

Kemudahan Pengajuan Kredit Usaha di Bank Mandiri Mamuju

Deskriptif.co.id, Mamuju – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Mamuju tidak perlu bingung ketika ingin mengembangkan usahanya. Bank Mandiri Cabang Mamuju memberikan kemudahan berupa kredit yang tidak meberatkan pelaku UMKM.

Ada tiga jenis Kredit Usaha Mikro (KUM) yang bisa diajukan pelaku UMKM, yakni KUM Super Mikro untuk pengajuan 1 hingga 10 juta, KUM Mikro yang membutuhkan modal 11 hingga 100 juta dan KUM Kecil dari 101 hingga 500 juta.

Kepala Unit Mikro Bank Mandiri Cabang Mamuju, Hermansyah Usman mengatakan, setiap pelaku UMKM bisa mengajukan kredit asalkan usaha itu produktif. Pihkanya siap membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan keberlangsungan usahanya.

“Untuk jenis usahanya sendiri bebas, seperti usaha kelontong, pertanian atau perkebunan, perikanan, bengkel, pokoknya usaha yang produktif yang memang layak untuk dibiayai,” katanya kepada Brand,id, Selasa (28/06/2022).

Hermansyah menjelaskan, pihaknya tidak akan mempersulit pelaku UMKM untuk mendapatkan kredit, sepanjang hasil survei memenuhi kriteria. Selain itu, jaminan pemohon juga harus sesuai dengan usaha yang diajukan.

“Kita akan mengunjungi langsung tempat usahanya debitur. Juga harus singkron antara jaminan dengan usaha. Biasanya yang kita tolak itu, usahanya besar namun jaminan usahanya tidak sesuai,” jelasnya.

Hermansyah menambahkan, selain kredit untuk UMKM, Bank Mandiri juga menyediakan kredit komsumtif bagi pegawai yang aktif bekerja tiap bulannya. Kredit jenis ini cukup menjaminkan Surat Keputusan (SK) pegawai dari tempat kreditur bekerja.

“Limitnya itu dari 10 juta hingga 1,5 milliar. Biasanya seperti PNS atau pegawai tetap, dan juga yang penting sistem pembayaran gajinya itu melalui Mandiri,” tambahnya.

Hermansyah mengungkapkan, khusus di Mamuju, pelaku usaha kebanyakam mengajukan KUM Mikro dan didominasi kalangan menengah dan atas. Jika usaha sudah meningkat, barulah pelaku usaha mengajukan KUM kecil yang jumlahnya limit kreditnya lebih besar.

“Mikro itu sekitar 70 persen di Mamuju, lebihnya itu super mikro dan kecil,” ungkapnya.

Sedangkan, Syarifuddin pelaku UMKM yang mengajukan kredit di Bank Mandiri mengatakan, KUM yang diberikan sangat membantu dalam pengembangan usahanya. Dia yang awalnya hanya berjualan kelontongan di depan rumah, kini memiliki sebuah roku.

“Dengan kredit yang saya ajukan kemarin, Alhamdulillah usaha saya kini sudah mulai maju. Jangan ragu untuk ambil kredit, jika kita yakin dengan usaha yang kita jalankan,” kata Syarifuddin. (Abdul Rajab Umar/Ilham)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.