Dinkes Mamuju Bakal Rehab dan Bangun Posyandu

Dinkes Mamuju Bakal Rehab dan Bangun Posyandu

Deskriptif.co.id, Mamuju – Sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan di Mamuju bakal ditambah dan dibenahi. Upaya ini dilakukan agar masyarakat bisa mengakses layanan kesehatan dengan mudah.

Rencananya ada 13 fasilitas kesehatan menjadi sasaran dalam program Dinkes Mamuju tahun ini. Dinkes Mamuju akan merehab posyandu di Desa Limbong Kalumpang, Toabo Papalang, dan Desa Tamalea Bonehau.

Perencana Ahli Muda, Dinkes Mamuju, Firmawaty Sewang menuturkan, kegiatanain yakni rehab bangunan pustu di Desa Kabuloang Kalukku, Karema Selatan Mamuju, Desa Taan Tapalang, dan Galung Lengke Kalukku. Selain pustu, Dinkes Mamuju juga akan merehab bangunan Puskesmas Tapalang Barat.

Pekerjaan lainnya yakni membangun pagar Puskesmas Binanga dan Puskesmas Ranga-Ranga. Di sektor yang sama, Dinkes juga akan membangun pagar pustu di Desa Taan Kalukku dan Desa Sampaga. Ada pula pengadaan perlengkapan untuk posyandu di Desa Toabo.

“Anggaran pembangunan tiga posyandu itu berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023. Dibangun baru karena memang di wilayah lokus itu (tiga desa sasaran) belum ada posyandunya. Sisanya lebih ke rehab dan perlengkapan,” kata Firmawaty, Senin (02/10/23).

Menurut Firmawaty, program Dinkes saat ini khusus menyasar masyarakat dan pembangunan fisik. Meski begitu, Dinkes Mamuju tetap mengusung program nonfisik melalui sejumlah kegiatan. Di antaranya Standar Pelayanan Minimum (SPM), Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), sistem informasi kesehatan, dan validasi data Aplikasi Sarana dan Prasarana Alat Kesehatan (Aspak).

“Validasi Aspak itu, memonev semua puskesmas terkait bagaimana ketersediaan SPA (prasarana dan alat kesehatan, red),” ungkapnya. (adv)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.