Yayasan Bumi Tangguh Kembali Salurkan Bantuan

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Yayasan Bumi Tangguh (YBT) kembali menyaurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak gempa pada 15 Januari 2021 kemarin, kali ini rombongan Yayasan mengunjungi masyarakat Desa Botteng, Rabu 31 Maret 2021.

Sebanyak 548 kepala keluarga di Desa Botteng menerima bantuan fresh food tahap 6 dan ember 40 liter dari Yayasan Bumi Tangguh (funded by Caritas Switzerland). Dari awal Yayasan Bumi Tangguh (YBT) sudah melakukan berbagai intervensi. YBT telah mendistribusikan beras 20 kg dalam tiga tahap, peralatan dapur, jerrycan, dua buah tikar dan selimut, dua paket hygiene kits dan bantuan non tunai sejumlah Rp 350.000 dalam dua tahap, semuanya masing-masing untuk 548 kepala keluarga.

Di 10 dusun, YBT membangun toilet sementara, setiap unit terdiri dari 2 toilet wanita dan 2 toilet pria. Toilet ini dibangun gotong royong oleh warga Desa Botteng, dengan sebelumnya diberi pelatihan oleh teknisi ahli pemasangan baja ringan.

“Sebenarnya kami rencanakan 12 unit toilet untuk semua dusun, tapi dua dusun tidak dapat dijangkau dengan kendaraan material dan di sana tidak ada sumber air bersih. Tanpa air bersih, toilet yang kami bangun tidak akan bermanfaat,” terang Sekretaris YBT, Tommy Makanoneng.

Lanjutnya, yayasan tidak hanya memberikan bantuan logistik, material, dan fisik, pihaknya juga memberdayakan masyarakat lokal. Dalam proses penyaluran bantuan, warga didata dengan tertib agar tidak ada yang luput atau mendapatkan lebih dari yang seharusnya.

Dikoordinir oleh Abdul Kadir yang merupakan Ketua Badan Permusyawaratan Desa Botteng, para Kepala Dusun mengumpulkan data warga dan mengorganisir paket dengan dibantu oleh masyarakat sekitar.

Selain itu, YBT juga mengajak seluruh warga untuk melakukan kerja bakti, membersihkan puing-puing bangunan yang terdampak gempa. Mereka menyiapkan perlengkapan kerja seperti cangkul, linggis, gerobak dan sepatu bot untuk setiap kepala keluarga.

“Jika suatu saat dihadapkan pada situasi darurat seperti ini, kami berharap warga sudah siap dan bisa menangani dengan baik, itulah alasan kami memberdayakan masyarakat di sini. Ini juga upaya agar mereka bisa cepat pulih dan bangkit,” pungkas Jusuf D. Kalengkongan selaku Program Manager YBT.(Adv/hn)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Serbuan Vaksinasi Disambut Antusias Masyarakat Mamuju

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P didampingi Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono, Kasiter Korem 142/Tatag Kolonel Arh. Sri Rusyono,S.E serta Dan Lanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy meninjau langsung pelaksanaan Serbuan vaksinasi di Kodim 1418/Mamuju, sekaligus video conference dengan Panglima TNI. Minggu (4/07/21). Kegiatan vaksinasi massal ini, disambut antusias […]

Bagikan

BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Menyerahkan Jaminan Kematian Prajurit TNI AD

MAMUJU, Suwarta.com – BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Barat kembali menyerahkan santunan Jaminan kematian sebesar Rp 42 juta kepada Ny. Mariana istri Almarhum Serma Hasan anggota Kodim 1418/Mamuju yang meninggal beberapa hari yang lalu. Penyerahan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan dilaksanakan dikediaman Almarhum Serma Hasan di jalan Angsa Lingkungan Padang Baka Mamuju. Jumat, (2 /7/21). Danrem 142/Tatag […]

Bagikan

Ditunjang Sarana, Prajurit Korem 142/Tatag Aktif Olahraga

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, “Mens sana in corpore sano” hal ini sejalan dengan aktifitas yang dilakukan oleh Personel Korem 142/Tatag sebelum memulai kegiatan diawali dengan olahraga pagi, ini dilakukan setiap hari guna menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas. Ditunjang dengan fasilitas sarana olahraga yang sangat memadai misalnya, Lapangan bola, […]

Bagikan

ABM Angkat Bicara Soal Dinamika Musorprov KONI

MAMUJU, Deskriptif.co.id – Pelaksanaan musyawarah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar yang berakhir Deadlock, dimana pencalonan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar sebagai kandidat satu-satunya mendapat protes. Menanggapi hal tersebut, nomor satu Sulbar tersebut mengungkapkan bahwa dinamika pelaksanaan Musorprov Koni Sulawesi Barat, dirinya secara pribadi yang telah ditetapkan oleh Tim Penjaringan Pendaftaran Calon Ketua yang ditangani […]

Bagikan